Edukasi Permainan Gizi Seimbang (Mabar Papiku dan Banteng Gimbang) dan Pemberian PMT Berbasis Pangan Lokal serta Penyuluhan Gizi di TPQ Hikmatul Hidayah Kabupaten Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.36568/hce.v7i1.64Keywords:
Gizi Seimbang, Permainan Edukatif, Pemanfaatan Pangan LokalAbstract
Anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang paling efektif untuk menerima dan menyerap pengetahuan baru, termasuk pemahaman dasar mengenai gizi. Penanaman konsep gizi yang benar sejak dini penting dilakukan agar tidak terjadi kesenjangan pemahaman saat mereka dewasa. Pendekatan melalui permainan dinilai efektif karena sesuai dengan karakteristik masa kanak-kanak yang identik dengan bermain dan mulai belajar membuat keputusan sendiri. Permasalahan gizi juga muncul di lingkungan mitra, di mana masyarakat memiliki pemahaman terbatas mengenai sumber lauk hewani dan masih menganggapnya sebagai bahan pangan mahal yang terbatas pada telur dan daging. Padahal, pangan lokal di wilayah tersebut memiliki potensi besar untuk mencukupi kebutuhan gizi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan konsep gizi seimbang dan pemanfaatan pangan lokal kepada anak-anak dan orang tua melalui permainan edukatif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner pre-test dan post-test, serta media permainan seperti "mabar papiku" dan "banteng gimbang". Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kreativitas, serta membentuk kebiasaan makan sehat sejak usia dini.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nuning Mariana Pengge

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.